06 January 2012

Muhammad Baharudin Jusuf: Jangan Pernah Takut Rugi!

Mahasiswa menjadi wirausaha? Mahasiswa udah punya penghasilan sendiri? Mahasiswa udah ngomongin masalah bisnis? Gak usah kaget! Zaman sekarang mahasiswa bukan lagi orang yang hobi kuliah dan dengerin dosen aja. Apalagi mahasiswa UI, dengan skill-nya bukan ga mungkin mahasiswa bisa menghasilkan uang sendiri atau bahkan menyediakan pekerjaan bagi orang lain alias menjadi wirausahawan.

Contohnya adalah Mas Jusuf atau yang biasa disebut Mas Ucup ini :D


Mahasiswa asal SMAN 1 Surabaya ini udah mulai melangkahkan kakinya di dunia bisnis. Menurutnya, sebuah negara bisa dikatakan makmur jika 3% dari populasinya adalah wirausahawan. Dia pun memutuskan untuk mewujudkan angka tersebut, “Harus ada yang memulai,” ujarnya. Bahkan dia percaya bahwa bisnis memegang 2/3 pintu rezeki yang diberikan kepada manusia.

Namun jangan dikira perjalanan itu dilalui Mas Ucup dengan gampang. Dia harus jatuh bangun ketika mengalami rugi dan kegagalan di awal masa karirnya. Bahkan, cibiran orang-orang yang bilang ‘sok sibuk’ gak sedikit dia dapatkan. Namun Mas Ucup percaya bahwa rugi adalah sebuah bentuk investasi baginya untuk maju ke jalan yang lebih baik. Selain itu, menurutnya dalam berbisnis harus berani ambil risiko dan ga boleh takut rugi. “Risiko berbanding lurus dengan keuntungan,” tuturnya.

Berkat perjuangan dan kegigihannya dalam menjadi wirausahawan, saat ini Mas Ucup sudah diamanahi menjadi Sekjen Himpunan Pengusaha Muda UI 2011-2012. Bukan hanya itu, dia juga menjadi founder dan CEO oleholeh.com dan Depok Tea, perusahaan yang berdiri di bidang penjualan oleh-oleh. Perusahaan yang dia pimpin saat ini pun didukung oleh Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) sebesar Rp 50 juta.

Mas Ucup memberikan sebuah tips untuk memulai dunia usaha. Katanya, kita kudu menebar jaringan ke luar dan memperbanyak wawasan dengan para ahli di bidang masing-masing. Selain itu kita juga harus fokus dalam membagi waktu dan prioritas. “Pokoknya fokus ke satu tujuan!” Saat ini dia sedang fokus untuk settle di satu bidang, yaitu mengembangkan perusahaannya di bidang oleh-oleh. Selain itu, bagi dia modal utama untuk memulai bisnis adalah berani dan jangan takut gagal. “Kegagalan itu investasi untuk kemajuan berikutnya,” ujarnya yakin. 

Nah, kalau Mas Ucup aja berani berjuang, kamu juga harus dong! Ayo Arek Suroboyo berani masuk UI dan wujudkan mimpimu jadi nyata! \:D/

Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment

tulis komentar...