Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB)

       Rieke Dyah Pitaloka, Rosiana Silalahi, Fadli Zon, Soe Hok Gie, Kinanti Pahlevi. Ngerasa gak asing sama nama-nama tersebut? FIB telah melahirkan mereka sebagai alumni yang eksis dan dikenal publik karena konstribusi dan pencapaiannya.

       Fakultas Ilmu pengetahuan Budaya, yang biasa disingkat menjadi FIB itu salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia. Berdiri sejak thaun 1940, FIB telah melahirkan lulusan-lulusan yang keren-keren dan banyak dikenal sebagai public figure.

Program Studi dan Prospek
       FIB punya 15 program studi/jurusan yang semuanya termasuk dalam disiplin ilmu humaniora. Ada sedikit deskripsinya nih, mungkin ada yang sesuai dengan minat kalian para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia tercinta ini.
1. Arkeologi
       Program studi yang mempelajari ilmu arkeologi untuk kepentingan pengembangan dan penerapannya dalam masyarakat. Program studi ini lebih dikhususkan pada ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
       Prospek Alumni : Alumni jurusan ini sebagian besar bekerja sebagai peneliti dan dosen.

2. Filsafat
       lmu Filsafat ini mempelajari pemikiran tentang kehidupan manusia melalui pemahaman dialog dengan ilmu-ilmu, serta pamahaman mengenai perkembangan abad 21.
       Prospek Alumni : Sebagian besar lulusan ilmu filsafat menjadi akademisi. Beberapa yang cukup dikenal yaitu Dian SastroWardoyo (aktris), Rai (personil grup RAN).

3. Ilmu Perpustakaan
       Program studi yang mengembangkan kajian perpustakaan dan informasi dalam rangka memberdayakan masyarakat yang mampu memanfaatkan informasi sebagai sarana memajukan peradaban.
       Prospek Alumni : Alumni jurusan ini sebagian besar menjadi dosen dan bekerja di perusahaan swasta ataupun negeri. Salah seorang alumni pernah mendapat penghargaan sebagai peneliti remaja terbaik nasional.

4. Sastra Arab
       Program studi Sastra Arab ini mengembangkan studi mengenai linguistik, kesusastraan, dan sejarah bangsa Arab. Membangun kemampuan untuk mampu berbahasa Arab dengan baik. Beasiswa yang ditawarkan cukup beragam untuk menampung potensi-potensi mahasiswa.
       Prospek Alumni : Beberapa alumni sastra Arab sebagai dosen, seperti Yon Machmudi, P.hD, menjadi peneliti seperti Pak Maman Lesmana, dan menjadi penulis seperti Helvy Tiana Rosa, sebagai pengusaha seperti Idris. Sebagian besar bekerja di instansi terkait seperti kedutaan besar negara-negara Arab.

5. Sastra Belanda
       Program studi Belanda mempelajari ilmu bahasa sastra, kebudayaan dan di bidang bahasa Belanda. Program studi ini telah memiliki kerjasama dengan baik secara nasional ataupun internasional.
       Prospek Alumni : Diantaranya Rieke Dyah Pitaloka(anggota DPR), Maudhy Koesnaedi (Aktris), Kinanti Pahlevi (reporter), Pangeran Punce (reporter), Albertheine Endah(penulis). Sebagian besar lainnya bekerja di instansi terkait jurusan ini.

6. Sastra Cina
       Program studi yang mengembangkan ilmu pengetahuan kesusastraan, kebudayaan dan linguistik bahasa Cina. Telah memilki kerjasama yang baik dengan universitas nasional dan internasional.
       Prospek Alumni : Lulusan jurusan ini bekerja sebagai dosen, peneliti, bekerja di kedutaan besar Cina.

7. Sastra Indonesia
       Program studi Indonesia merupakan salah satu jurusan bidang humaniora yang dimiliki FIB UI. Dalam budaya Indonesia yang masing-masing tercakup dalam bidang sastra, linguistik dan filologi.
       Prospek Alumni : Beberapa lulusan program studi ini Mas Totok (copywriter ternama), Sapardi Djoko Darmono (maestro sastra), Intan Nur’aini (aktris). Banyak mahasiswa sastra Indonesia yng sudah aktif di berbagai kompetisi menulis, salah satunya Muhammad adi nugroho atau biasa dipanggil ijonk (wakil ketua BEM UI 2011), tulisannya sering dimuat di harian seputar indonesia (sindo).

8. Sastra Inggris
       Program studi Inggris mempelajari ilmu bahasa sastra, kebudayaan dan di bidang bahasa Inggris. Program studi ini telah memiliki kerjasama dengan baik secara nasional ataupun internasional.
Prospek Alumni : Beberapa alumni bekerja menjadi dosen, peneliti dan mengabdikan diri di instansi-instansi terkait.

9. Sastra Jawa
       Program studi Jawa mempelajari ilmu bahasa sastra, kebudayaan dan di bidang bahasa Jawa. Program studi ini sebagai bentuk apresiasi pada kebudayaan daerah Indonesia.
       Prospek Alumni : Lulusan program studi ini tersebar dengan berbagai profesi. Beberapa alumni menjadi akademisi, melakukan penelitian di luar negeri.

10. Sastra Jepang
       Sastra Jepang adalah program studi yang umumnya mempelajari bahasa, sejarah, budaya, dan pola pikirnya. Banyak terdapat beasiswa-beasiswa dari Jepang. Kegiatan-kegiatan yang ada pun cukup banyak dan bermanfaat untuk mengasah kemampuan softskill mahasiswa.
       Prospek Alumni : Prospek kerja sangat luas karena banyak perusahaan Jepang yang berdiri di Indonesia dan membutuhkan karyawan yang mampu berbahasa Jepang dengan fasih. Sebagian besar alumni bekerja di Japan Foundation. Beberapa alumni program studi ini adalah Rosiana Silalahi dan Virgie Baker sebagai penyiar berita.

11. Sastra Jerman
       Sastra Jerman adalah program studi yang umumnya mempelajari segala tentang Jerman, khususnya sastra, budaya dan linguistik bahasa Jerman. Berdiri sejak 50 tahun lalu.
       Prospek Alumni : Banyak lulusan program studi ini yang kemudian bekerja di kedutaan-kedutaan besar, perusahaan-perusahaan Jerman di Indonesia.

12. Sastra Korea
       Program Studi Korea ini mempelajari kebudayaan, sastra, linguistic dan sejarah negara Korea. Program studi ini baru didirikan pada tahun 2006 tetapi telah memiliki hubungan baik dengan kedutaan Korea di Indonesia dan universitas di Korea.
       Prospek Alumni : Alumni pertama program studi ini baru di wisuda tahun 2010 ini. Program studi ini sangat membuka kemungkinan untuk terjadinya pertukaran pelajar ataupun beasiswa-beasiswa dari Korea. Salah satu alumni yang baru saja di wisuda Johan Rio Pamungkas, merupakan seseorang yang sangat pandai dalam menulis, beberapa hasil tulisannya di muat di media nasional dan internasional.

13. Sastra Prancis
       Jurusan ini hampir sama seperti jurusan lainnya yang ada di FIB, menitik beratkan pada kesustraan, kebudayaan, sejarah dan linguistik bahasa Prancis.
       Prospek Alumni : Alumni jurusan Prancis sebagian besar bekerja di kedutaan besar Prancis, menjadi dosen.

14. Sastra Rusia
       Sastra Rusia ini mempelajari kesustraan.linguistik dan kebudayaan negara Rusia.
       Prospek Alumni : Fadli Zon (politikus) salah satu alumni jurusan ini yang sekarang juga menjabat sebagai ketua ILUNI (Ikatan Alumni) FIB UI. Sebagian besar alumni bekerja di perusahaan Rusia yang ada di Indonesia ataupun di kedutaan besarnya dan menjadi dosen.

15. Sejarah
       Ilmu Sejarah UI merupakan program studi yang mempelajari sejarah yang dibagi dalam tiga pengkajian peminatan, yaitu Asia Tenggara, Amerika dan Australia. Program studi ini telah memiliki hubungan yang bai dengan universitas-universitas luar negeri, seperti Belanda, Amerika Serikat, dan Australia.
       Prospek Alumni : Beberapa alumni prodi ini, diantaranya Indra Jaya Piliang (politikus), Susanto Zuhdi (akademisi), A.B. Lapian (guru besar Maritim Indonesia), JJ. Rizal (peneliti dan penerbit komunitas bambu), almarhum Soe Hok Gie (aktivis mahasiswa UI).

Lingkungan dan Kegiatan di FIB

       FIB itu salah satu jurusan terbesar di UI dengan jumlah jurusan/program studi terbanyak. Jadi, segala macam manusia bisa hadir di sini. Kalian bakal ketemu orang-orang dari sabang sampai merauke dengan segala keunikan, logat, dan ciri khasnya. Gak terbatas di Indonesia aja, di FIB juga banyak bule-bule berkeliaran sebagai mahasiswa student exchange dari berbagai negara. Mulai dari orang hitam sampai putih, beragama banget sampe atheis, orang medhok sampe yang cas cis cus pake bahasa inggris, semuanya ada. Jadi, dengan kuliah di FIB akan membuka mata kalian terhadap miniatur keragaman. Kalian bisa melihat dunia dengan berbagai sudut pandang dan berbagai keragaman :D
       Lingkungan di FIB juga merupakan lingkungan yang gak pernah mati. Hampir selalu ada kegiatan yang bisa dibikin seru dan asik buat didatengin. Di setiap jurusan ada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang mewadahi kepentingan tiap-tiap jurusan. Dan tiap mereka punya program kerja masing-masing, dan salah satu yang ditunggu adalh program jurusan fair. Acara ini punya tema yang berkaitan dengan jurusan masing-masing, seperti Englicious punya anak Sastra Inggris, Korea mini fair punya jurusan Sastra dan Kebudayaan Korea, Festifrance punya anak sastra Prancis, History Fair punya anak Ilmu Sejarah, Book Fair punya anak ilmu perpustakaan, dan masih banyak lagi.

2 comments:

Kalau sastra korea di UI . Menerima berapa orang untuk masuk di sastra korea?
Persyaratannya bagaimana?
Terima kasih.

Post a Comment

tulis komentar...